Frequently Asked Questions (FAQ)
Citi Microentrepreneurship Awards 2017-2018

1Apakah Citi Microentrepreneurship Awards?

Inisiatif Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) berasal dari Citi Foundation yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kewirausahaan dan keuangan mikro dalam mendukung inklusi keuangan serta penguatan ekonomi individu berpenghasilan rendah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Citi Indonesia (Citibank N.A., Indonesia) bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia untuk menyelenggarakan CMA 2017-2018. CMA adalah kompetisi untuk menghargai pengusaha mikro berprestasi yang berkontribusi positif kepada lingkungan di sekitarnya.

2​Bagaimana cara mendaftarkan diri?
  1. Buat Akun Baru melalui https://cmaindonesia.id/daftar/ kemudian Login menggunakan Akun tersebut.
  2. Anda akan tiba halaman Aplikasi Saya, klik pada tombol Tambah Pendaftaran.
  3. Isi Formulir Pendaftaran secara lengkap dan klik tombol KIRIM.
  4. Anda telah terdaftar dalam Citi Microentrepreneurship Awards.
3Kapan batas waktu pendaftaran?
Pendaftaran CMA 2017-2018 dibuka hingga tanggal 30 November 2017
4Bagaimana proses seleksinya?
  1. Peserta melakukan pendaftaran hingga 30 November 2017.
  2. Keseluruhan peserta yang terdaftar diseleksi dan dipilih 40 semi-finalis.
  3. Panitia melakukan kunjungan dan penilaian kepada 40 semi-finalis.
  4. 40 semi-finalis diberi penilaian dan diseleksi 20 orang finalis.
  5. 20 finalis terpilih serta 20 perwakilan LKM diundang mengikuti bootcamp di Jabodetabek selama 3 hari.
  6. Penjurian terhadap finalis dilakukan selama
  7. 5 Pemenang Kategori, 3 Pemenang Penghargaan Khusus, dan Pemenang Microfinance Institution of the Year diumumkan dalam acara penghargaan CMA.
5Apa saja penghargaannya?

Dalam CMA 2017-2018 terdapat total 9 Penghargaan, yang dibagi menjadi 5 Penghargaan Kategori, 3 Penghargaan Khusus, dan 1 Penghargaan Apresiasi.

 

Penghargaan Kategori:

1. Agriculture Microentrepreneur

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang bergerak di sektor agrikultur, seperti pembibitan, agro-kimia, agro-teknologi, pertanian, peternakan, penanaman, pengolahan produk akhir, ataupun usaha lain yang masuk dalam rantai nilai komoditas agrikultur.

2. Arts and Creative Design Microentrepreneur

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang menghasilkan produk atau jasa unggulan yang merupakan hasil proses kreatif seperti aplikasi digital, desain (interior, grafis, komunikasi), fesyen, perfilman, studio animasi, seni rupa, seni pertunjukan, dan lain-lain.

3. Fishery Microentrepreneur

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang bergerak dalam 3 aspek sektor perikanan: akuakultur (budidaya organisme air seperti ikan, krustasea, moluska, dan tanaman air), memancing (menangkap komoditas dari habitat alamnya), atau pengolahan dan pemasaran produk perikanan dan kelautan.

4. Green Microentrepreneur

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang menerapkan pendekatan yang ramah lingkungan dalam usahanya, seperti penggunaan bahan baku daur ulang atau organik, energi terbarukan, sistem manajemen limbah, dan lain-lain.

5. Service and Culinary Microentrepreneur

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang menjalankan usaha berbasis layanan, seperti penginapan, jasa kecantikan, bimbingan belajar, pelatihan, transportasi, penyelenggaraan acara, keuangan, kuliner, dan lain-lain.

 

Penghargaan Khusus:

1. Best Woman Microentrepreneur

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang berhasil meningkatkan kesejahteraan keluarganya, komunitas di sekitarnya, serta menginspirasi perempuan untuk memulai usaha.

 2. Young Microentrepreneur

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang berusia sampai 30 tahun yang berhasil meningkatkan kesejahteraan keluarganya, komunitas di sekitarnya, serta menginspirasi generasi muda untuk memulai usaha.

 3. Microentrepreneur of the Year

Penghargaan untuk pengusaha mikro yang telah membangun bisnis yang sukses dan berkelanjutan, mengaplikasikan praktek bisnis yang ramah lingkungan, berdampak sosial, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dan komunitas di sekitarnya.

 

Penghargaan Apresiasi:

Microfinance Institution of the Year

Penghargaan untuk Lembaga Keuangan Mikro (LKM) berkinerja luar biasa yang mengembangkan produk-produk keuangan yang inovatif bagi segmen usaha mikro dan memberikan dukungan terus-menerus terhadap usaha nasabah atau anggotanya melalui mekanisme penyampaian terpadu.

6Usaha saya masuk dalam kategori apa?

1. Agriculture (Agrikultur)

Usaha yang bergerak di sektor agrikultur, seperti pembibitan, agro-kimia, agro-teknologi, pertanian, peternakan, penanaman, pengolahan produk akhir, ataupun usaha lain yang masuk dalam rantai nilai komoditas agrikultur.

2. Arts and Creative Design (Seni dan Desain Kreatif)

Usaha yang menghasilkan produk atau jasa unggulan yang merupakan hasil proses kreatif seperti aplikasi digital, desain (interior, grafis, komunikasi), fesyen, perfilman, studio animasi, seni rupa, seni pertunjukan, dan lain-lain.

3. Fishery (Perikanan)

Usaha yang bergerak dalam 3 aspek sektor perikanan: akuakultur (budidaya organisme air seperti ikan, krustasea, moluska, dan tanaman air), memancing (menangkap komoditas dari habitat alamnya), atau pengolahan dan pemasaran produk perikanan dan kelautan.

4. Green (Ramah Lingkungan)

Usaha yang menerapkan pendekatan yang ramah lingkungan dalam usahanya, seperti penggunaan bahan baku daur ulang atau organik, energi terbarukan, sistem manajemen limbah, dan lain-lain.

5. Service and Culinary (Jasa dan Kuliner)

Usaha yang menjalankan usaha berbasis layanan, seperti penginapan, jasa kecantikan, bimbingan belajar, pelatihan, transportasi, penyelenggaraan acara, keuangan, kuliner, dan lain-lain.

7Apakah semua bidang usaha dapat mendaftarkan diri?
Dalam kategori Agriculture, Fishery, serta Service and Culinary, usaha yang didaftarkan harus sesuai dengan sektor usaha masing-masing kategori tersebut. Namun semua sektor usaha dapat mendaftarkan diri dalam kategori Green bila menerapkan pendekatan yang ramah lingkungan dalam usahanya serta kategori Arts and Creative Design bila memperkenalkan suatu ide atau nilai tambah baru
8Apakah saya dapat memilih 2 kategori atau lebih?
Tidak, pelamar diminta untuk memilih salah satu kategori yang dianggap paling sesuai atau merupakan keunggulan dari usahanya.
9Apakah peserta yang sama dapat memenangkan penghargaan kategori dan khusus?
Ya, seorang peserta mungkin saja memenangkan salah satu penghargaan kategori dan salah satu penghargaan khusus jika memenuhi kriteria.
10Apa saja hadiahnya?

8 Pemenang Pengusaha Mikro masing-masing akan mendapatkan:

  • Uang tunai sebesar Rp. 25.000.000,-
  • Komputer Notebook
  • Smartphone
  • Coaching dan Mentoring selama 2 bulan

 

Pemenang Microfinance Institution of the Year akan mendapatkan:

Penguatan institusi senilai Rp. 45.000.000,-

11Apa syarat dan ketentuan peserta?
  1. Pelamar telah menjadi nasabah atau anggota Lembaga Keuangan Mikro (LKM) selama minimal 2 tahun. Contoh LKM: Bank Perkreditan Rakyat (BPR), BPR Syariah, Koperasi, Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Credit Union, dan Modal Ventura.
  2. Warga Negara Indonesia dan berusia lebih dari 18 tahun.
  3. Telah menjalankan usahanya di Indonesia minimal selama 2 tahun.
  4. Usaha yang didaftarkan merupakan sumber penghasilan utama dari pelamar.
  5. Nilai aset maksimal Rp 50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan.
  6. Jumlah penjualan tahunan atau omzet sampai Rp 300 juta.
  7. Pelamar belum pernah menjadi finalis dalam kompetisi CMA sebelumnya
12Apakah yang dimaksud dengan Lembaga Keuangan Mikro?

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) adalah lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan.

Contoh LKM diantaranya adalah: Bank Perkreditan Rakyat (BPR), BPR Syariah, Koperasi, Baitul Mal wat Tamwil (BMT), Credit Union, atau Modal Ventura.

13Saya telah menjadi nasabah salah satu bank umum (Mandiri, BCA, BRI, BTPN, BJB, HSBC, CIMB Niaga, Permata, BNI, Muamalat, Danamon, Maybank, dll), apakah memenuhi persyaratan?
Tidak, berdasarkan peraturan yang berlaku, bank umum bukan termasuk LKM.
14Saya memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) di salah satu bank umum (Mandiri, BCA, BRI, BTPN, BJB, HSBC, CIMB Niaga, Permata, BNI, Muamalat, Danamon, Maybank, dll), apakah memenuhi persyaratan?
Tidak, meskipun anda memanfaatkan fasilitas KUR, bank umum tetap bukan termasuk LKM sehingga tidak memenuhi persyaratan.
15Bagaimana panitia akan memastikan usaha yang didaftarkan telah beroperasi minimal 2 tahun?
Dalam salah satu tahapan seleksi, panitia akan melakukan kunjungan kepada pengusaha terpilih. Saat kunjungan tersebut, panitia akan memastikan lamanya usaha berjalan berdasarkan pembukuan, dokumen pendirian usaha, ataupun dengan menggunakan metode wawancara kepada masyarakat, pelanggan, ataupun pemasok bahan baku.
16Bagaimana panitia akan memastikan bisnis yang didaftarkan merupakan sumber pemasukan utama dari pelamar?
Dalam salah satu tahapan seleksi, panitia akan melakukan kunjungan kepada pengusaha terpilih. Saat kunjungan tersebut, panitia akan memastikan sumber pemasukan pelamar melalui observasi dan wawancara.
17Mengapa nilai aset maksimal dibatasi sampai Rp 50 juta dan penjualan tahunan (omzet) dibatasi sampai Rp 300 juta?
CMA adalah kompetisi untuk pengusaha mikro, sehingga persyaratan ini mengacu klasifikasi usaha mikro berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
18Saya belum memenuhi syarat untuk mendaftar CMA 2017-2018, bagaimana saya bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai CMA tahun depan?

Like dan follow akun resmi CMA agar dapat terus mengikuti perkembangan berita seputar CMA:

https://www.facebook.com/CMA.id

https://www.instagram.com/CMA.id

https://twitter.com/CMA_Indonesia

19Saya mewakili LKM, bagaimana LKM saya dapat berpartisipasi dalam CMA 2017-2018?
LKM anda dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan nasabah atau anggota anda yang memiliki wirausaha mikro.
20Bagaimana cara LKM mendaftarkan nasabah atau anggotanya dalam CMA 2017-2018?
  1. Perwakilan dapat membuat Akun Baru melalui https://cmaindonesia.id/daftar/ kemudian Login menggunakan Akun tersebut.
  2. Anda akan tiba halaman Aplikasi Saya, klik pada tombol Tambah Pendaftaran.
  3. Isi Formulir Pendaftaran secara lengkap dengan informasi dari nasabah atau anggota anda dan klik tombol KIRIM
  4. Ulangi langkah No. 3 jika terdapat nasabah atau anggota lain yang ingin didaftarkan.
  5. Pada laman https://cmaindonesia.id/aplikasi-saya/ anda bisa melihat sejarah Formulir Pendaftaran yang telah dikirimkan.
21Berapa jumlah maksimal Formulir Pendaftaran yang bisa dikirimkan satu LKM?
Tidak dibatasi. Satu LKM bisa mengirimkan formulir pendaftaran sebanyak-banyaknya.
22Bagaimana cara LKM saya bisa memenangkan penghargaan Microfinance Institution of the Year?

Setelah terpilih 40 Semi-finalis, masing-masing pengusaha mikro dan LKM yang menaunginya akan disurvei oleh panitia. Hasil survei tersebut akan menentukan 20 pendaftar yang dipilih sebagai Finalis.

20 Finalis terpilih dan perwakilan LKM yang menaunginya akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti Bootcamp. LKM yang berkesempatan memenangkan penghargaan Microfinance Institution of the Year adalah LKM yang menaungi pengusaha mikro yang terpilih sebagai Finalis dalam CMA 2017-2018.

Laporan hasil survei LKM yang dilakukan pada tahap Semi-final akan diberikan kepada Panel Juri yang akan menentukan pemenang penghargaan Microfinance Institution of the Year.

23Saya sudah pernah mendaftarkan diri dalam CMA sebelumnya, apakah bisa mendaftar kembali dalam CMA 2017-2018?
Jika sebelumnya anda belum pernah menjadi finalis CMA yang diundang mengikuti boot camp, maka anda dapat mendaftarkan diri kembali pada CMA 2017-2018. Jika anda pernah masuk dalam daftar finalis CMA sebelumnya dan pernah mengikuti boot camp maka anda tidak dapat mendaftarkan diri kembali.
24Apakah pendaftaran CMA dipungut biaya?
Tidak
25Bagaimana jika saya tidak memiliki biaya untuk berangkat ke Jabodetabek jika diundang mengikuti bootcamp?
Seluruh biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi peserta yang terpilih mengikuti bootcamp akan ditanggung oleh panitia.
26Saya berasal dari luar kota atau dari luar Pulau Jawa, bagaimana saya dapat mengikuti bootcamp di Jabodetabek (jika terpilih)?
Panitia akan mengatur rincian perjalanan peserta, seperti memesankan tiket pesawat, transportasi dari dan ke bandara (jika diperlukan), dan lain sebagainya.
27Kapan bootcamp akan dilakukan?

Bootcamp akan dilaksanakan pada Maret 2018. Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

28Kapan acara penghargaan CMA?
Acara penghargaan CMA akan diadakan pada Maret 2018. Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
29Informasi yang saya cari tidak tercantum dalam FAQ, bagaimana saya bisa menghubungi panitia?

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi:

Email: cma2017@id.mercycorps.org

Telepon/SMS/Whatsapp: 0812-5350-8332

30Kenapa saya tidak dapat mengunggah foto produk pada pertanyaan Nomor 38?
Pastikan jumlah foto yang anda pilih hanya Satu (1), ukurannya kurang dari 6 MB, dan dalam format jpg, jpeg, png, gif.
31Foto yang ingin saya kirim sudah sesuai namun tetap tidak bisa dikirim, apa yang harus saya lakukan?

Jika tidak bisa mengunggah foto, maka pendaftar dapat langsung klik KIRIM, kemudian mengirimkan foto yang ingin diunggah melalui email ke cma2017@id.mercycorps.org dengan menginformasikan Nama dan Email yang didaftarkan dalam Formulir Pendaftaran. Foto yang dikirimkan kemudian akan diunggah ke dalam formulir oleh panitia.

32Bagaimana jika saya ingin mengunggah lebih dari satu (1) foto?
Jika ingin mengunggah lebih dari satu (1) foto, maka pendaftar dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu (1) foto kolase.