PETUNJUK PENDAFTARAN
Citi Microentrepreneurship Awards 2017-2018

 

Pendaftaran Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2017-2018 dilakukan secara online, 
namun dapat juga dilakukan secara manual atau tertulis jika dibutuhkan.

1
Kunjungi https://cmaindonesia.id/daftar/ melalui browser internet.
2
Isi formulir Buat Akun Baru dan klik KIRIM
3
Masuk ke akun anda dengan mengunjungi halaman https://cmaindonesia.id/login/ dan isi Username dan Password dengan informasi yang sebelumnya telah dibuat dan klik LOGIN
4
Anda akan dibawa ke halaman https://cmaindonesia.id/pendaftaran-saya/ dimana anda bisa melihat semua pendaftaran wirausahawan yang telah dikirim.
5
Untuk mendaftarkan wirausahawan untuk mengikuti CMA, anda bisa klik pada tombol Tambah Pendaftaran atau dengan mengunjungi https://cmaindonesia.id/daftar/formulir-pendaftaran/
6
Pada pertanyaan Nomor 11 di halaman Biodata, pastikan bahwa wirausahawan klik Ya dan mengisi Nama Lembaga, Telepon, dan Email sesuai dengan data Lembaga Keuangan Mikro (LKM) tempat mereka merupakan nasabah atau anggota. Contoh LKM: Koperasi, BMT, Credit Union, Modal Ventura, BPR.
7
Setelah menjawab semua pertanyaan pada halaman Biodata, klik LANJUT di bagian bawah halaman.
8

Pada pertanyaan Nomor 22 di halaman Data Usaha, pilih Kategori Usaha yang sesuai. Jika usaha yang didaftarkan sesuai dengan lebih dari satu kategori, maka pendaftar bisa memilih kategori sesuai keinginan masing-masing.
Penjelasan masing-masing Kategori Usaha.

  1. Agriculture: Usaha sektor agrikultur seperti pembibitan, agro-kimia, agro-teknologi, pertanian, peternakan, kultivasi, penanaman, pengolahan produk akhir, pemasaran, dan lain-lain.
  2. Arts and Creative Design: Usaha yang menawarkan produk atau jasa yang merupakan hasil proses kreatif seperti aplikasi digital, desain (interior, grafis, komunikasi), fesyen, perfilman, studio animasi, seni rupa, seni pertunjukan.
  3. Fishery: Usaha sektor perikanan seperti budidaya organisme air, penangkapan ikan, serta pengolahan atau pemasaran produk perikanan.
  4. Green: Usaha yang ramah lingkungan seperti menggunakan bahan daur ulang atau organik, energi terbarukan, sistem manajemen limbah, atau mengurangi emisi karbon.
  5. Service and Culinary: Usaha jenis jasa dan layanan seperti penginapan, jasa kecantikan, bimbingan belajar, pelatihan, transportasi, penyelenggaraan acara, keuangan, kuliner, dan lain-lain.
9
Pada pertanyaan Nomor 24 di halaman Data Usaha, jawab Ya dan Sebutkan jika wirausahawan memiliki dokumen legal terkait operasional dan izin usaha. Contoh: SIUP, TDP, AD/ART, SNI, HKI, PIRT, Paten, BPOM, Merk Dagang, Sertifikat Halal, Sertifikat Kompetensi/ Keahlian terkait usaha yang dijalankan.
10
Pada pertanyaan Nomor 28 di halaman Data Usaha, isi rata-rata omzet atau pendapatan kotor per bulan dalam angka saja tanpa tanda titik (.) atau koma (,).
11
Pertanyaan Nomor 31 di halaman Data Usaha tidak perlu diisi karena akan terisi secara otomatis berdasarkan jawaban Jumlah Tenaga Kerja Pria dan Wanita pada pertanyaan Nomor 29 dan 30.
12
Setelah menjawab semua pertanyaan pada halaman Data Usaha, klik LANJUT di bagian bawah halaman, atau klik SEBELUMNYA untuk kembali ke halaman Biodata.
13
Pada pertanyaan 33 – 35 halaman Pertanyaan Terbuka, wirausahawan dapat memberikan lebih dari satu jawaban untuk masing-masing pertanyaan. Untuk menambahkan jawaban klik pada tombol Tambah dibawah masing-masing pertanyaan. Untuk menghapus jawaban yang sudah dimasukkan, klik pada tombol X di sebelah kanan atas masing-masing jawaban.
14
Setelah menjawab semua pertanyaan pada halaman Pertanyaan Terbuka, klik LANJUT di bagian bawah halaman, atau klik SEBELUMNYA untuk kembali ke halaman Data Usaha.
15
Pada pertanyaan Nomor 36, jika pendaftar mendengar tentang CMA dari Media, sebutkan jenis medianya.
16
Pada pertanyaan Nomor 37, jika wirausahawan pernah mengikuti CMA sebelumnya, sebutkan pada tahun berapa saja.
17
Pada pertanyaan Nomor 38, unggah satu (1) foto produk usaha dengan ukuran maksimal 6 MB. Jika ingin mengunggah lebih dari satu (1) foto, maka pendaftar dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu (1) foto kolase.
18
Jika mengalami kesulitan dalam mengunggah foto, maka pendaftar dapat langsung klik KIRIM, kemudian mengirimkan foto yang ingin diunggah secara terpisah melalui email ke cma2017@id.mercycorps.org dengan menginformasikan Nama yang didaftarkan dalam Formulir Pendaftaran. Foto yang dikirimkan kemudian akan diunggah ke dalam formulir oleh panitia.
19
Setelah menjawab pertanyaan 36 – 38, klik KIRIM di bagian bawah halaman, atau klik SEBELUMNYA untuk kembali ke halaman Pertanyaan Terbuka
20
Setelah klik KIRIM, anda dapat melihat Formulir Pendaftaran yang sudah dikirim pada halaman Riwayat Pendaftaran di alamat https://cmaindonesia.id/pendaftaran-saya/
21
Formulir Pendaftaran yang sudah dikirim dapat dilihat dengan klik VIEW dan dapat diubah atau ditambahkan isinya dengan klik EDIT.
22
Jika pendaftaran difasilitasi oleh LKM dan ingin mendaftarkan nasabah atau anggota yang lain, maka LKM dapat mengulang tahapan Nomor 5 – 20.
23
Satu akun dapat mendaftarkan Formulir Pendaftaran tanpa ada batas maksimal.
24
Semua Formulir Pendaftaran yang sudah dikirimkan akan terlihat di halaman Riwayat Pendaftaran di alamat https://cmaindonesia.id/pendaftaran-saya/
25
Jika mengalami kesulitan lain dalam proses pendaftaran CMA 2017-2018, silakan menghubungi kontak resmi CMA melalui telepon, SMS, atau WhatsApp di Nomor +62-812-5350-8332 atau email cma2017@id.mercycorps.org