Profil Mercy Corps Indonesia 2018-10-05T16:16:20+00:00

Mercy Corps Indonesia

“Memberdayakan masyarakat Indonesia untuk membangun Komunitas yang sehat, produktif, dan tangguh.”

Siapa Kami?

Mercy Corps Indonesia adalah organisasi lokal yang berpusat di Jakarta. Kami membantu masyarakat untuk pulih dari kondisi krisis yang mereka hadapi dan kemudian mengubahnya menjadi kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Program kami membantu masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dengan alat dan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Di Indonesia, Mercy Corps telah membantu lebih dari 1 juta penduduk Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia sejak tahun 1999. Berdiri pada tahun 2012, Mercy Corps Indonesia bertujuan untuk memanfaatkan seluruh pengalaman dan keahlian yang telah diwariskan oleh Mercy Corps untuk dapat membantu masyarakat prasejahtera menghadapi isu perkotaan dan pengurangan kemiskinan, serta isu di wilayah pedesaan.

Mercy Corps Indonesia menyediakan bantuan darurat dan program jangka panjang untuk pembangunan yang lebih baik melalui peningkatan infrastruktur masyarakat, ketahanan, dan peluang ekonomi di berbagai daerah yang menantang dan sulit di Indonesia. Wilayah kerja Mercy Corps Indonesia mencakup Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Fokus

Mercy Corps Indonesia berupaya menciptakan solusi yang kreatif, berdasarkan pasar yang menyediakan keuntungan ekonomi baik bagi individu maupun masyarakat. Dengan mengimplementasikan program-program yang berfokus pada solusi usaha kecil, dengan menciptakan pendekatan pasar dan literasi keuangan, Mercy Corps Indonesia membantu menciptakan sistem pasar yang efektif dan berfungsi mengurangi kemiskinan.

Program Mercy Corps Indonesia untuk ibu dan anak-anak sebagai target rentan dengan berfokus pada 1.000 hari pertama kehidupan demi kualitas gizi dan generasi yang sehat. Melalui program, Mercy Corps Indonesia mendorong peningkatan kesadaran dan mendidik penyedia layanan kesehatan Ibu dan anak untuk menjadi lebih baik gizi dan sehat dengan meningkatkan kesadaran dan mendidik penyedia layanan kesehatan dan ibu untuk mempromosikan ASI eksklusif. Mercy Corps Indonesia bekerja pada teknologi informasi komunikasi untuk meningkatkan pengelolaan data dan informasi kesehatan di daerah terpencil.

Akses ke bersih dan aman air, sanitasi dan pembuangan limbah padat diperlukan untuk mengurangi timbulnya penyakit menular, salah satu penyebab utama gizi buruk dan kematian anak. Mercy Corps Indonesia bekerja dengan pemerintah daerah dan swasta melalui suatu kemitraan untuk meningkatkan fasilitas sanitasi seperti fasilitas cuci tangan, menanamkan kesadaran masyarakat terhadap sanitasi, dan membentuk hubungan ekonomi yang kuat untuk memfasilitasi akses terjangkau dan solusi yang memadai terkait air dan sanitasi.

Indonesia sering menghadapi tanah longsor, banjir, letusan gunung berapi dan gempa bumi yang bahkan diikuti tsunami. Daerah-daerah di Indonesia rentan terhadap dampak perubahan iklim dengan fenomena cuaca ekstrem dan kenaikan permukaan laut merupakan ancaman besar untuk sebuah negara yang sebagian besar dihuni sepanjang garis pantai. Penghuni kawasan kumuh perkotaan dan penduduk yang tinggal di wilayah pesisir sangat rentan karena banyak keluarga dalam keadaan tidak aman untuk bertahan hidup, terbatas akses terhadap layanan dan dana untuk pemulihan.

Mercy Corps Indonesia membantu mengurangi dampak dari bencana melalui program-program inovatif dengan melibatkan masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta untuk mengidentifikasi daerah berisiko dan berlatih respon bencana ketika bencana terjadi. Program adaptasi perubahan iklim bertujuan untuk mengkatalisis perhatian, pendanaan, dan tindakan di tingkat kota dan pemerintah nasional untuk membangun ketahanan masyarakat perkotaan miskin dan rentan. Dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Mercy Corps Indonesia berkoordinasi erat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tujuannya adalah untuk merancang intervensi PRB dan alat-alat yang dapat dengan mudah diadopsi dan ditingkatkan oleh BNPB sekaligus membangun kapasitas anggota BNPB.

Mercy Corps Indonesia memiliki Tim khusus tanggap darurat bencana yang disebut, Indonesia Response Team (IRT). IRT dibentuk tahun 2007 yang terdiri dari 30 anggota dari seluruh Indonesia untuk kemudian dilatih dengan cepat memberikan bantuan langsung kepada korban selama masa darurat (bulan pertama pasca bencana terjadi). Mercy Corps Indonesia juga membantu masyarakat membangun kembali dengan mengembalikan mata pencaharian dan menggabungkan strategi untuk meningkatkan ketahanan dalam manajemen bencana dan perencanaan di masa mendatang. Mercy Corps Indonesia juga merupakan anggota aktif dari Emergency Capacity Building (ECB); kelompok LSM yang berlatih bersama untuk membangun keterampilan tanggap bencana dan mengkoordinasikan kegiatan untuk memaksimalkan dampak dan efisiensi tanggap darurat bencana.